Friday 17 July 2009

Rumah Tenaga Surya


Rumah tenaga surya ternyata bisa menyenangkan, modern, bahkan menarik. Listrik terbatas bukan berarti mengorbankan kemudahan dan kenyamanan yang diberikan oleh pemanas udara, pemanas air, dan penyenjuk udara. Desain rumah tenaga surya akan menghemat energi listrik karena dinding, jendela dan lantai dirancang untuk mampu menyerap dan menyimpan energi panas saat musim dingin dan mendistribusikannya. Serta membuang panas saat musim panas. Karena itu kenyamanan yang diberikan oleh pemanas dan penyejuk udara dapat digantikannya. Berikut ini adalah lima elemen dasar yang harus saling berkaitan satu dengan yang lainnya dalam merancang rumah tenaga surya.


PENGUMPUL

Kaca jendela yang besar yang berhubungan lansung dengan matahari harus menghadap 30 derajat ke utara dan tidak boleh terhalang oleh bangunan lain atau batang kayu mulai jam 9 pagi sampai 3 sore.

PENYERAP

Dinding, lantai dan partisi merupakan benda-benda yang mampu menyerap panas dan menyimpannya.
THERMAL MASS
Adalah material yang bisa menimpan panas dari energi matahari dan terletak di balik permukaan benda-benda yang bisa menyerap panas seperti lantai.

PENDISTRIBUSIAN

Panas yang telah dikumpulkan dan disimpan kemudian didistribusikan atau disirkulasikan dari satu ruangan ke ruangan lain. Metode untukmendistribusikan ini bisa secara konduksi, konveksi dan radiasi.

PENGATURAN

Alat-alat kontrol perlu dipergunakan untuk memanfaatkan energi yang telah dikumpulkan seperti termostat untuk mengetahui keberadaan temperatur sehingga bisa menghidupkan dan mematikan kipas angin.

Sumber:Inhabitat,eere.enery

1 comment:

elektronika industri said...

saya jadi berpikiran membuat TA TENTANG INI MAS

Post a Comment

News :