Wednesday 7 December 2011

Bagaimana Komputer Bekerja ???

Sebuah komputer adalah sebuah mesin untuk tujuan umum bahwa proses-proses data sesuai untuk satu set instruksi khusus, melalui gerbang logika (AND, OR, NOT, dll). Instruksi yang menggunakan komputer baik disimpan secara permanen (dalam read-only memori, atau 'ROM') atau sementara (di random-akses memori, atau 'RAM').

Komponen dasarnya adalah sebagai berikut :



Unsur-unsur penting dari sebuah komputer terdiri dari:
  • Perangkat input dan output
  • Sebuah unit pengolah pusat (CPU)
  • Memori menyimpan program dan data.
Hampir semua komputer pribadi, workstation, minicomputer, dan mainframe didasarkan pada prinsip desain von Neumann dari program yang tersimpan. Dengan demikian komputer menjadi tujuan umum pemecahan masalah mesin.
  • Sebuah program disimpan di memori; CPU mengambil instruksi dan data dari sana melalui bus
  • Mengeksekusi instruksi program yang tersimpan secara berurutan, memasukkan data yang diperlukan, dan keluaran hasil melalui bus.
  • Mengulangi prosedur ini sampai program berakhir.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logika (ALU), unit kontrol, memori, dan perangkat input dan output (secara kolektif dinamakan I / O). Bagian ini dihubungkan oleh seikat kawat, "bus."


Meningkatkan kinerja dalam komputer :
  • Meningkatkan kecepatan processer
  • Meningkatkan kapasitas memori dan kecepatan
  • Meningkatkan kecepatan sistem bus
Pada biasanya, semua perbaikan ini memerlukan kemampuan untuk menggerakan dan mengalihkan elektron pada kecepatan tinggi dan volume tinggi (densitas misalnya operator). Kecepatan sistem bus sangat penting karena jika terlalu lambat maka CPU mungkin dibatasi oleh kecepatan harus menunggu untuk data.

Saat ini, kebanyakan komputer muncul untuk mengeksekusi beberapa program pada saat yang sama. Hal ini biasanya disebut sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah waktu singkat, itu beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Interval waktu yang kecil ini sering disebut sebagai irisan waktu. Hal ini menciptakan ilusi beberapa program yang dieksekusi secara simultan dengan berbagi waktu CPU di antara program.


Referensi : Homework

No comments:

Post a Comment

News :