Sunday 18 March 2012

Zero Generation (0G)

Generasi awal (0G), dikenal dengan istilah Mobile Radio Telephone, merupakan teknologi telepon selular modern permulaan, yang menggunakan jaringan gelombang radio dengan jangkauan jaringan yang terbatas dan dapat terhubung dengan jaringan telepon umum biasa. Teknologi ini biasa digunakan pada mobil dan truk agar dapat berkomunikasi dengan jaringan telepon biasa. Pada prinsipnya jaringan ini seperti jaringan komunikasi polisi atau taxi (walkie-talkie), hanya saja jaringan ini mempunyai nomor telepon tersendiri dan terselubung dengan jaringannya tersendiri.

Yang merupakan generasi awal (0G) meliputi:
  • PTT (Push to Talk atau Press-to-Transmit)
Teknologi jaringan komunikasi dengan metode Half Duplex (sangat mirip walkie-talkie, tetapi terhubung dengan jaringan sellar) yang digunakan untuk berkomunikasi.
  • MTS (Mobile Telephone Sistem)

Teknologi radio telephone Half Duplex ini diimplementasikan pertama kali di kota St. Louis pada tanggal 17 Juni 1946, dengan permulaan hanya 3 saluran untuk melayani komunikasi seluruh penggunanya, kemudian bertambah sampai 32 saluran dengan 3 frekuensi. Jaringannya terbatas hanya di area perkotaan saja.

  • IMTS (Improved Mobile Telephone Sistem)

Teknologi radio telephone ini diperkenalkan pada tahun 1969 sebagai pengganti teknologi MTS yang telah menggunakan Full-Duplex dan dengan Low VHF (35-44 MHz, 9 Saluran), High VHF (152-158 MHz, 11 saluran), dan UHF (454-460 MHz, 12 saluran).

  • AMTS (Advanced Mobile Telephone Sistem)

Teknologi komunikasi radio yang diimplementasikan di Jepang; beroperasi menggunakan frekuensi 900MHz.

  • OLT (Offentlig Landmobil Telefoni, Public Land Mobile Telephony)

Jaringan komunikasi bergerak pertama kali yang diperkenalkan pada 1 Desember 1966. Beroperasi pada gelombang VHF 160 MHz dan sudah mendukung komunikasi Full-Duplex dan Tahun 1976 sudah melayani seluruh wilayah Skandinavia.

  • MTD (Mobilelefonisistem D, atau Mobile Telephony Sistem D)

Merupakan teknologi manual telepon bergerak yang beroperasi pada frekuensi 450 MHz yang diperkenalkan pada tahun 1971.

  • Autotel/PALM (Public Automated Land Mobile)

Jaringan radio telephone non selular yang beroperasi di gelombang VHF, dikembangkan di daerah pedesaan British Colombia, Kanada.

  • ARP (Autoradiopuhelin, telepon radio mobile)

ARP diperkenalkan pada tahun 1971 menggunakan frekuensi 150 MHz untuk beroperasi dan menggunakan transmisi Full-Duplex. ARP terkenal dengan jangkauan jaringannya yang meliputi 100% wilayah Finlandia dan banyak penggunanya.

  • B-Netz

Diperkenalkan pada tahun 1972 di Jerman Barat. Sebagai jaringan komersial komunikasi bergerak umum negara kedua selain jaringan telepon umum biasa. B-Netz tergantikan oleh C-Netz.


Referensi : Kupas Tuntas Teknologi WiMAX-ed. I.-Yogjakarta:ANDI;Semarang: WAHANA KOMPUTER

No comments:

Post a Comment

News :