Sunday 8 April 2012

Sistem Perangkat Keras Multimedia

Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia.


Perangkat keras multimedia merupakan alat pengolahan data berupa teks, gambar, audio, video atau animasi yang bekerja secara elektronis dan otomatis. Unsur-unsur utama sistem perangkat keras multimedia antara lain adalah unit input, CPU/Processor, Storage/Memory dan unit output.

  • Unit Input
Unit Input adalah peranti tempat untuk memasukkan data dan program yang akan diproses di dalam komputer multimedia.

Contoh
: keyboard, mouse, scanner, dll.

  • CPU /Processor
 CPU merupakan bagian utama dari komputer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada komputer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz(1000 MegaHertz), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada komputer. .Bagian-bagian dari CPU adalah :
1. ALU (Arithmetic and Logical Unit)
2. CU (Control Unit)
3. BUS

  • Storage/Memory
Penyimpanan atau memory dibedakan menjadi dua bagian yaitu: 

1. Penyimpanan Internal
Penyimpanan internal ini merupakan penyimpanan yang berhubungan langsung dengan Central Processing Unit (CPU). Umumnya penyimpanan ini bersifat volatile maupun non-volatile.

2. Penyimpanan Eksternal
Penyimpanan ini tidak berhubungan langsung dengan CPU.

  • Unit Output
Unit output adalah piranti tempat mengeluarkan hasil proses komputer multimedia yang berfungsi sebagai tempat keluarnya hasil proses dan menerjemahkan bit-bit ke dalam kode yang dikenal sebagai media output. 

Contoh : Monitor, plotter, speaker,dll.



 






 

No comments:

Post a Comment

News :