Tuesday 22 December 2009

Keunggulan Pupuk Daun

Pupuk daun termasuk dalam kategoti pupuk buatan dengan cara pemberian melalui penyemprotan ke daun. Pupuk daun mempunyai kelebihan sebagai berikut:
  • Penyerapan hara pupuk yang diberikan lewat daun lebih cepat dari pada pupuk yang diberikan melalui akar.
  • Tanaman lebih cepat menumbuhkan tunas.
  • Menghindarkan tanah dari kelelahan/rusak.
  • Pemberian pupuk daun yang berisi hara makro dapat menganti kekurangan hara yang terkuras akibat pemupukan hara makro yang berlebihan.
Daun memiliki "mulut" yang lazim disebut mulut daun atau stomata. Stomata membuka dan menutup secara mekanis, diatur oleh tekanan yang disebut turgor dari sel-sel penutup. Jika tekanan turgor meningkat stomata akan membuka, dan begitu pula sebaliknya.

Salah satu faktor yang banyak mempengaruhi tekanan turgor ialah banyak air yang terbuang lewat penguapan daun yang erat hubunganya dengan panas terik dan angin. Jika panas terlalu terik atau dingin dan angin bertiup kencang penguapan banyak terjadi. Air dalam daun berkurang sehingga tekanan turgor berkurang dan secara otomatis stomata menutup. Jika pada daun tersebut disemprotkan air maka tekanan turgor naik, sehingga stomata membuka dan menyerap cairan guna mengganti cairan yang hilang lewat penguapan.

Apabila yang disemprotkan bukan air, tapi latutan pupuk yang mengandung berbagai jenis hara, maka tanaman tidak saja menyerap air, tetapi sekaligus zat-zat makanan yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhanya. Oleh karena itu, penyerapan hara lewat daun lebih cepat.

Referensi :Fertilizer on the net.


No comments:

Post a Comment

News :