Friday 11 December 2009

Mengapa Dibutuhkan Pupuk ??

Sebagaimana saya dan kalian ketahui bahwa hara terdiri atas minimal 16 unsur esensial. Unsur digolongkan esensial apabila ketidakhadiran unsur tersebut membuat tanaman tidak dapat menyelesaikan tugas hidupnya. Unsur-unsur esensial berada dalam tanah dalam keadaan tidak seimbang, sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan tanaman.

Kadang terjadi kekurangan unsur akibat intensifnya penanaman dan panenan, ada unsur-unsur tertentu yang tersedia dalam jumlah berlebih di satu pihak dan kekurangan dilain pihak sebagai akibat dari faktor-faktor pembatas lingkungan tanah. Oleh karena itu, perlu ditambahkan hara dalam bentuk pupuk, sebab ketika jumlah salah-satu unsur memjadi pembatas, penambahan air atau unsur lain menjadi mubazir.

Dalam beberapa kasus, unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman juga dibutuhkan hewan., tetapi tanaman menyerap dan menyediakanya, oleh karena itu tanaman berperan sangat penting dalam kesehatan hewan. Tujuh unsur mikro Fe, Cu, Zn, Mn, Co, I, dan Se tercatat sebagai unsur esensial bagi hewan selain unsur makro C, H, O, N, P, K, Ca, Mg, dan S.

Tanah berasal dari pelapukan bahan induk. Jika bahan induk asal, kandungan dan ketersediaan unsur tertentu sedikit maka ketersediaan unsur tersebut juga sedikit dalam tanah. Kadar unsur mikro dalam tanah dapat berkurang drastis sejalan dengan pengambilan unsur tersebut oleh tanaman, hewan, sayutan, dan buah, tanpa dikembalikan kedalam tanah lagi. Demikian juga dengan unsur makro, sebagian besar tanah biasanya kekurangan satu atau dua macam unsur makro. Pada jarak satu atau dua kilometer, tanah memiliki ketersediaan unsur Se, I, dan Co yang berbeda.

Hara/makan manusia berasal dari hewan dan tumbuhan, hara yang sama juga esensial bagi tanaman dan hewan, oleh karena itu unsure yang kurang dalam hewan atau tumbuhan akan berpengaruh pada kondisi kesehatan manusia. Hara yang ada pada tumbuhan, hewan, manusia, tanah, dan atmosfer membentuk rantai makanan yang penting, hal tersebut merupakan alas an dilakukan pemupukan.

Pupuk N, P, dan K telah digunakan secara intensif, demikian juga unsur mikro, jika digunakan terus menerus cepat atau lambat akan terjadi kekurangan dalah tanah, sehingga perlu tambahan untuk menganti yang hilang. Pupuk daun dapat dengan cepat mengatasi ketidakimbangan hara mikro dan menambah kekurangan hara makro dari pupuk melalui akar.


Referensi : Fertilizer on the net




No comments:

Post a Comment

News :