Monday 23 November 2009

Permasalahan Sampah

Hampir setiap waktu, sampah atau benda yang "terbuang" ini selalu menjadi buah bibir masyarakat seperti yang kita lihat banyak orang dikalangan masyarakat pun ikut berdebat. Bagaimana tidak, berdasarkan data National Urban Development Strategy pada tahun 2003, dalam kurun wakru sehari saja kota metropolitan, seperti Jakarta berhasil menumpuk 5.000 ton sampah dari 10 juta penduduknya. Tidak jauh berbeda dengan kota Bandung yang mampu menghasilkan sampah sekitar 1.300 ton dan Surabaya 1.500 ton setiap hari.

Potensi total sampah terbuang di negri ini ternyata sudah mencapai angka 100.000 ton per hari. Jika dihutung secara rinci, bisa diperkirakan bahwa tiap kepala diIndonesia menyumbangkan rata-rata 0.5 kg volume sampah tiap harinya. Volume timbunan sampah dari tahun ke tahun terus melonjak. Peningkatannya hingga mencapai angka 4% per tahun. Jika tidak diantisipasi, volume sampah pada tahun 2010 diprediksikan akan mencapai jumlah dua kali lipat dari tahun 2005.

Ternyata sampah telah menjadi problematika dalam negri ini yang telah mendarah daging. Dampak sampah tidak hanya berpengaruh pada sebagian kecil golongan, tetapi telah mengena ke berbagai sisi kehidupan. Apabila masalah itu tidak tertangani secara bijaksana, so..cepat atau lambat sampah akan menengelamkan kehidupan dengan beragam dampak negatif yang ditimbulkan olehnya.

referensi : wargahijau.org



No comments:

Post a Comment

News :